Cara Memperbaiki Scroll Mouse/ Mouse Wheel Yang Rusak

Kesel juga sih lagi asyik asyik searching tiba tiba scroll mouse (mouse wheel) error atau rusak. Ingin scroll ke bawah jadi tak berperan, terkadang jadi maunya scroll mouse ke bawah jadinya scroll ke atas, begitupun demikian sebaliknya. Mouse wheel/scroll mouse tak berperan seperti harusnya atau dapat disebutkan error. Hal semacam ini umum berlangsung, terlebih bila mouse yang kita pakai yaitu mouse murahan. Jangankan mouse wheel, tombol click saja umumnya kerap duluan rusak bila kita memakai mouse murahan.

Sekian kali saya kerap alami peristiwa ini, scroll mouse error atau tak berperan baik. Dahulu saya tahunya bila mouse rusak bermakna ya beli lagi mouse baru. Hingga saat peristiwa mouse wheel rusak ya saya beli mouse baru lagi. Namun, sesungguhnya rusaknya pada scroll mouse (mouse wheel) ini dapat kita perbaiki sendiri dengan sangatlah gampang serta tak membutuhkan saat yang lama. Langkahnya dengan membongkar daleman mouse itu lalu kita deteksi rusaknya yang berlangsung.

Untuk alat serta bahan melakukan perbaikan scroll mouse yang rusak ini juga sangatlah simpel, yang anda perlukan cuma mouse yang rusak tadi, obeng plus kecil, serta lem alteco.

Alat Bahan Melakukan perbaikan Scroll Mouse Rusak

1. Pertama tama kita bongkar dahulu daleman mouse memakai obeng plus, hingga kebongkar PCB nya juga, saksikan gambar.


2. Bebaskan mouse wheel dari dudukannya (lubangnya). Nah, ini umumnya yang berlangsung, yang bikin scroll mouse kerap error. Pada mouse wheel dengan lubang (dudukan) umumnya berlangsung slip. Jadi mouse wheel telah diputar walau demikian piringan bergerigi tak turut berputar. Maupun, mouse wheel telah berputar walau demikian piringan bergerigi terlambat berputar, lantaran berlangsung sedikit slip.

3. Nah untuk menyingkirkan slip pada shaft mouse wheel dengan lubang piringan bergerigi, jadi kita bakal mengelemnya memakai lem alteco. Konsekwensi dari ini yaitu anda tak dapat lagi melepas mouse wheel dari lubangnya lantaran telah dilem mati, bila anda paksa jadi shaft mouse wheel bakal patah. Namun ini tak jadi permasalahan yang utama scroll mouse dapat normal kembali.

4. Beri sedikit lem alteco ke shaft mouse wheel, sedikit saja, satu titik atau dua titik. Saat sebelum lem jadi kering selekasnya masukkan mouse wheel ke lubang piringan.

5. Tunggulah sebagian waktu hingga lem benar benar kering lalu gunakan kembali komponen mouse serta rakit kembali mouse yang anda bongkar tadi.

6. Hingga disini harusnya mouse telah baik seperti awal mulanya tidak ada error di scroll mouse.

Lalu ada pula masalah lain, scroll mouse rusak yang karena pada plat dengan gerigi piringan telah tak bersentuhan lagi. Saksikan gambar di bawah ini.

Dalam keadaan normal pada plat dengan gerigi piringan harusnya bersentuhan. Sangatlah merasa jika scroll mouse itu diputar. Bila plat telah tak bersentuhan jadi saat mouse wheel diputar bakal merasa lancar tanpa ada kendala. Namun bila plat masih tetap bersentuhan dengan gerigi, waktu diputar bakal merasa ada jeda (click click click click, dst). Bila plat telah tak bersentuhan lagi, anda dapat mensiasatinya dengan mengganjal pinggiran plat supaya menghimpit plat serta bersentuhan dengan gerigi.

Nah tersebut sedikit panduan cara melakukan perbaikan scrool mouse (mouse wheel) yang rusak atau error. Dari pengalaman saya sendiri, umumnya masalah berlangsung lantaran slip pada mouse wheel dengan dudukannya. Jadi lewat cara dilem alteco seperti diatas, mouse dapat berperan normal kembali. Lumayan kan dapat menghemat duit anda dari pada mesti beli mouse baru.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: